Senin, 24 Juli 2017

Kuliner Khas Blora (Wajib Dicoba)

     Kuliner khas Blora mempunyai cita rasa unik yang akan memanjakan setiap lidah para pecinta kuliner dari daerah manapun. Kualitas rasa kuliner makanan khas Blora ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena ada banyak sekali dari para pecinta kuliner di seluruh nusantara yang telah membuktikannya sendiri. Penasaran tentang apa saja sih  kuliner makanan khas Blora yang menjadi idola para traveller? Yuk kita intip bareng-bareng ulasan tentang kuliner makanan khas Blora berikut ini

1. Sate Khas Blora
     Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Sate Ayam khas Blora memang telah dikenal hampir seluruh nusantara karena karena sate Blora memiliki cita rasa yang lezat,  dan ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan sate pada umumnya. Sate khas Blora ini memiliki bumbu khusus yang menjadikanya berbeda dengan yang lainya, apa itu? yah santan! Dimana untuk kuah pada makanan sate ini tidak akan dijumpai pada sate manapun di seluruh Indonesia.

2. Jajanan Pasar Dumbeg/Clorotan
     Jajanan unik ini hanya ada di Blora dan Rembang, Namun akhir akhir ini sudah tak banyak di jumpai. selain musiman, sudah tak banyak lagi penjual yang menjajakanya, dengan kata lain tidak setiap hari terdapat kue unik ini. Dumbeg hanya ada pada saat upacara Sedekah Bumi. Dumbeg terbuat dari adonan tepung beras dan gula jawa. Pembungkus Dumbeg terbuat dari daun kelapa yang digulung sedemikian rupa sehingga berbentuk menyerupai terompet.

3. Lontong Tahu
     Siapa yang tidak kenal lontong? Pecinta kuliner yang suka sambal kacang tanah bercampur dengan citarasa kecap wajib mencobanya. lontong khas blora terbungkus dengan daun pisang alami, tidak seperti kota kota besar yang memakai plastik, ini menjadikan aroma lontong yang berbeda dari yang lain. dan yang terpenting tidak mengandung zat kimia yang berbahaya jika memakai plastik

4. Tape Singkong
     Yah, Sebagai warga blora saya tahu betul ciri khas tape ini. Tape dibuat dari singkong yang sudah dipotong potong, direbus kemudian di fermentasi menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. yang khas dari tape ini adalah rasa asam manis yang di hasilkanya. Tertarik? Harga sangat terjangkau dan banyak yang menjualnya di pasar pasar tradisional Blora.

5. Pecel
     Lagi lagi pecinta sambal kacang Bro, Pecel merupakan makanan yang terdiri atas berbagai sayuran rebus yang disiram dengan sambal kacang. Sayuran yang ada pada pecel diantaranya tauge, daun ubi jalar, kol dan bunga turi, kacang panjang dll. Pecel biasa dinikmati pada saat sarapan pagi dan hampir semua warung makan di blora ada. 

      Itulah tadi beberapa makanan yang wajib dicoba jika anda mengunjungi kota blora. ada beberapa lagi makanan khas kota mustika ini diantaranya soto Blora,ungker,manco,wedang cemohe dll. Selamat berjalan jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar