Selasa, 25 Juli 2017

Serabi Bakar - Blora Kuliner



Istilah diatas mungkin bukanlah istilah asing bagi wilayah Jawa Tengah. Karena istilah serabi juga bisa bermetaforfosis menjadi beberapa nama, diantaranya Surabi, Serabeh, dan Serabi. Kota Solo mungkin salah satu kota yang mempunyai makanan yang sama. Namun bedanya, serabi Blora adalah makanan pagi buta yang juga hanya tersedia di pagi buta atau setelah subuh.
Biasanya, penjual serabi ini menjajakan daganganya dengan ‘live’. Artinya proses pembakaran serabi dilakukan terbuka di tepi-tepi jalan. Sang tukang pembuat serabi dengan santainya menuangkan adukan serabi yang terbuat dari tepung beras dan santan di depan banyak pembeli.

Sementara asap kayu jati yang menjadi bahan baku utama pembakaran plus aroma serabi yang mulai matang membuat suasana masak serabi menjadi semakin seru. Ketika matang, pembelipun bisa langsung ambil dan makan. Hanya dengan sedikit taburan parutan kelapa setengah tua, serabi siap menggoyang lidah anda.
Bahannya yang terbuat dari tepung beras, membuat kita cukup merasa kenyang hanya dengan beberapa lembar saja. soal harga jangan tanya. Cukup Rp 500 – Rp 1000 per lembar sudah membuat kita kenyang dengan makanan khas yang nikmat dan sehat ini.

Serabi Blora pada umumnya memiliki dua jenis,yaitu serabi santan dan serabi kelapa. Serabi santan adalah serabi yang di sajikan dengan di kasih santan kelapa,sedangkan serabi kelapa adalah serbi yang di hidangkan dengan di taburi dengan parutan kelapa. Dalam penyajiannya para penjual serabi ini masih sangat tradisional,hanya dengan di bungkus dengan menggunakan daun pisang atau daun jati yang di cintung.
Bagi Anda yang sedang melintas di daerah Blora Cepu Randublatung pada waktu fajar pasti akan banyak menemui ibu-ibu yang sedang menjajakan serabi . patut dicoba ya.
yX Media - Monetize your website traffic with us


https://yllix.com/574387/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar